Sejarah Sony PlayStation

Ketika Sony merilis konsol PlayStation mereka berada di luar seorang pemula ke industri ini, karena sebelumnya tidak pernah mengembangkan game, apalagi sistem konsol, namun PlayStation akhirnya memiliki sebuah pertunjukan megahit yang memperkenalkan game 3D ke khalayak massal dan memulai permainan video. Revolusi CD-ROM. Anehnya, seandainya bukan karena perselisihan kontrak, “Stasiun Play” akan dirilis oleh Nintendo sebagai add-on ke konsol Super Nintendo mereka.

 

Fakta dasar:
Image result for sony playstation 1
Judul: Sony PlayStation (alias PlayStation One, PSOne)
Industri: Sony Computer Entertainment
Tipe: Konsol Game Video Berbasis Disc (Generasi ke-5)
Tanggal Peluncuran: 1994 (Jepang), 1995 (Amerika Utara dan Eropa)
Sejarah PlayStation:
Selama generasi pertama dan kedua konsol video game, banyak perusahaan elektronik melompati konsol game. Toh, mereka sudah membangun produk dengan menggunakan komponen yang sama, jadi mengapa tidak masuk ke mode permainan baru yang panas. Magnavox merilis konsol video game pertama dengan Magnavox Odyssey, yang mengilhami Pong, kemudian RCA merilis RCA Studio II (kloning Pong), dan bahkan perusahaan Fairchild Semiconductor membuat Fairchild Channel F. Anehnya Sony, yang didirikan pada tahun 1946, tidak merilis sistem video game mereka sendiri sampai pertengahan 90an, tapi itu bukan karena kurang berusaha.

Pernikahan Nintendo / Sony:
Setelah jatuhnya pasar video game pada tahun 1983, Nintendo membangun kembali industri dengan Nintendo Entertainment System, dengan cepat membuat mereka menjadi kekuatan industri video game yang mendominasi.

Saat mengembangkan Super Nintendo (SNES), konsol berbasis kartrid kedua mereka, mereka menandatangani kesepakatan dengan Sony untuk memasok prosesor audio sistem (Sony SPC700).

Seiring Nintendo terus mengembangkan add-on untuk SNES, termasuk modem berumur pendek (hanya di Jepang), Sony memusatkan perhatian pada bisnis intinya teknologi dan pada tahun 1986 mereka berkembang bersamaan dengan Philips Electronics jenis CD-ROM baru (disebut CD- ROM / XA). sniper games unblocked

 

Jenis disk yang baru memungkinkan kompresi audio, video / grafik, dan data berjalan bersamaan. CD-ROM asli bisa berisi informasi audio, grafik atau data, namun hanya bisa dijalankan secara mandiri. Dengan menggabungkan ketiga elemen ini bersama game bisa menggunakan grafis advance dan audio yang lebih besar dan lebih besar yang bisa diakses oleh file data semua dari satu disk.

Pada berita tentang teknologi baru yang panas ini dan memanfaatkan hubungan mereka yang ada, Nintendo mendekati Sony untuk memulai pengembangan pada add-on CD-ROM ke Nintendo Super, dengan rencana untuk menjadikannya konsol berbasis disk Nintendo yang pertama. Kesepakatan itu dibuat pada tahun 1988 dengan Sony membuat teknologi dan Nintendo merilis perluasan Play Station.

Sayangnya semua rencana sempat tergelincir karena masalah kontrak yang menyebabkan Nintendo mempertimbangkan kembali hubungan tersebut. Nintendo diam-diam membuat kesepakatan dengan Philips Electronics untuk membuat SNES berbasis disc yang berbeda dan membatalkan perjanjian yang ada dengan Sony. Sementara ini merupakan kemunduran bagi raksasa elektronik tersebut, mereka memutuskan untuk terus mengembangkan teknologinya untuk menciptakan konsol mereka sendiri.

Sementara kesepakatan yang dibuat Nintendo dengan Philips akhirnya berantakan, itu tidak berarti Sony telah mendengar akhir dari raksasa game tersebut.

 

Begitu Nintendo mendapat kabar bahwa Sony menggunakan teknologi yang mereka kembangkan di bawah kemitraan tersebut, Nintendo mencoba menghentikan pengembangan sistem tersebut dengan menuntut Sony. Kasus ini ditemukan untuk mendukung Sony yang diizinkan melanjutkan pengembangan sistem.

Sampai peluncuran PlayStation, game konsol terutama berbasis kartrid, dan kartrid tersebut cukup mahal untuk dibuat, dan memiliki siklus produksi yang panjang. Juga permainan video gerak 3D dan penuh diperlukan file dan teknologi besar yang memasukkannya ke dalam kartrid akan menghabiskan biaya sedemikian banyak sehingga tidak mungkin menghasilkan keuntungan.

Sony telah menghabiskan bertahun-tahun mengembangkan sistem konsol mereka, namun sedikit terlambat menciptakan divisi pengembangan game internal. Sementara mereka pasti berhasil mengumpulkannya pada bulan November 1993, Sony Computer Entertainment, sistem ini dijadwalkan diluncurkan di Jepang pada tahun berikutnya, tentu saja tidak cukup untuk memberikan konsol peluncuran mereka yang akan segera diluncurkan. Beruntung anak baru di blok industri game disambut oleh dukungan besar dari penerbit pihak ketiga.

Game komputer sudah melonjak pada kereta musik CD-ROM, jadi penerbit game dan pengembang sudah tahu manfaatnya. CD-ROM menyimpan lebih banyak memori daripada floppy disk atau kartrid, ditambah lagi bisa menyambungkan file audio, data, dan grafis secara bersamaan, sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan kuat yang diperlukan untuk permainan 3D yang diberikan atau video gerak penuh. Juga harganya sebanding dengan harga media lain dan bisa diproduksi dengan cepat dalam jumlah banyak.