Resep Kue Tanpa Oven Khas Tradisional Yang Layak Dicoba

Resep Kue Tanpa Oven Khas Tradisional Yang Layak Dicoba

Salah satu yang menjadi daya tarik pasar tradisional adalah penjual jajanan tradisional yang khas. Jajanan berupa kue tradisional masih diminati berbagai kalangan hingga sekarang. Jika tak sempat pergi ke pasar untuk membelinya, anda dapat memasak sendiri kue tradisional tersebut di rumah. Salah satunya adalah kue timus. Resep kue tanpa oven khas tradisional ini mudah untuk dibuat di dapur kesayangan anda. Sebagian orang bisa jadi asing mendengar nama kue timus. Namun, bagi masyarakat Jawa kue ini sangat legendaris hingga sekarang dan terkadang masih tersedia di pasar tradisional setempat. Bagi anda penggemar kue timus namun sulit untuk menemukannya, cobalah untuk berkreasi dengan resep berikut.

Kue timus berbahan dasar ubi jalar, baik ubi jalar yang berwarna ungu, putih atau yang kekuningan dapat digunakan untuk membuat kue ini. Namun, resep yang akan dibagikan kali ini menggunakan bahan dasar ubi jalar yang berwarna ungu.

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Timus Antara Lain :

Ubi jalar ungu sebanyak tiga buah ataupun sebanyak 250 gram, tepung tapioka sebanyak tiga sendok makan, gula pasir secukupnya, satu sendok margarin yang telah dilelehkan terlebih dahulu, keju sesuai selera, satu sendok vanili, dan tambahkan garam sedikit jika anda mau, serta tak lupa minyak goreng. Mengapa perlu minyak goreng? Ya, karena resep kue tanpa oven kali ini prosesnya melalui penggorengan.

Takaran dari bahan-bahan kue timus tersebut dapat disesuaikan dengan selera dan tergantung dari banyaknya kue yang akan dibuat. Peralatan yang digunakan cukup sederhana dan biasa digunakan di dapur anda seperti tempat untuk mencampur adonan bisa loyang ataupun yang lainnya, panci untuk mengukus ubi, wajan dan kompor untuk menggoreng. Sebagai tambahan informasi, ubi jalar banyak mengandung vitamin A, C, E, magnesium, kalium, dan anti oksidan. Dari kandungan nutrisi tersebut, ubi jalar dapat memiliki manfaat bagi kesehatan diantaranya mampu melawan radikal bebas, mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung, serta meningkatkan kepadatan tulang. Dengan berbagai khasiatnya, anda semakin tertarik untuk membuat kue timus sebagai salah satu resep kue tanpa oven bukan?

Proses Pembuatan Kue Timus

Proses pembuatan pertama yaitu kukus terlebih dahulu ubi ungu yang telah dicuci sebelumnya, lalu apabila sudah matang diangkat dan dihaluskan dengan cara ditumpuk. Tambahkan gula, vanili, tepung tapioka, garam secukupnya, dan margarin ke dalam adonan ubi yang telah halus tadi. Campur adonan tersebut hingga merata. Ambil satu sendok penuh adonan, pipihkan dan isi dengan keju parut kemudian bentuk adonan menjadi lonjong. Lakukan hingga semua adonan habis terbentuk. Diamkan adonan sebentar agar lebih kuat teksturnya. Goreng semua adonan dengan hati-hati dan tiriskan apabila sudah matang. Kue pun siap disajikan. Begitulah resep kue tanpa oven bernuansa tradisional yaitu kue timus.

Ada beberapa resep pembuatan kue timus tanpa menggunakan margarin. Namun baiknya anda menggunakan margarin guna menambah kelezatan kue ini. Anda dapat menggunakan Blueband sebagai margarin yang berkualitas untuk membuat kue timus. Kue timus yang manis dan gurih ini lebih enak dinikmati saat masih hangat. Cobalah resep kue tanpa oven berupa kue tradisional bernama timus ini bersama anak-anak anda sehingga anda dapat mengenalkan salah satu kue tradisional yang tak lekang oleh zaman ini kepada mereka melalui kegiatan memasak. Selamat mencoba dan mari lestarikan kue tradisional asli Indonesia!