Puasa Hanya Untuk Lima Hari Satu Bulan Terkait dengan Perbaikan Kesehatan

(Reuters Health) – Mengikuti diet yang meniru puasa dapat mengurangi faktor risiko penyakit pada orang sehat umumnya, menurut sebuah penelitian kecil.

Dr. Min Wei dari Institut Panjang Umur UCLA dan rekannya menguji efek dari diet meniru puasa pada berbagai faktor risiko diabetes, penyakit jantung, kanker atau kondisi lainnya.

Diet (FMD, nama merek ProLon) rendah kalori, gula dan protein namun tinggi lemak tak jenuh. Empat puluh delapan peserta studi makan normal selama tiga bulan sementara 52 mengonsumsi PMK selama lima hari setiap bulan dan makan secara normal sepanjang sisa waktu. Setelah tiga bulan, kelompok tersebut mengganti rejimen. Meski semua partisipan dianggap sehat, beberapa memiliki tekanan darah tinggi, rendahnya kadar kolesterol “baik”, dan faktor risiko lainnya.

Sebanyak 71 orang menyelesaikan studi, yang diterbitkan dalam Science Translational Medicine. Indeks massa tubuh, tekanan darah, gula darah dan kolesterol meningkat dengan PMK, namun terutama bagi mereka yang sudah berisiko. Efek sampingnya ringan, termasuk kelelahan, kelemahan dan sakit kepala.

Wei dan Dr. Valter Longo dari University of California, San Diego, mengatakan dalam sebuah wawancara yang diterbitkan dalam jurnal bahwa sementara “mayoritas besar” peserta memiliki satu atau lebih faktor risiko penyakit seperti diabetes, penyakit jantung atau kanker, ” Uji coba FDA akan diperlukan untuk menunjukkan apakah PMD periodik efektif dalam pencegahan dan pengobatan penyakit. ”

Dr. Joseph Antoun, CEO L-Nutra, Inc., yang memproduksi PMK, mengatakan kepada Reuters Health melalui email bahwa PMK “ditujukan untuk digunakan oleh orang-orang yang ingin mengoptimalkan kesehatan dan kesejahteraan mereka, oleh orang-orang yang kelebihan berat badan atau obesitas yang ingin mengelola berat badan mereka dengan cara yang mudah dan sehat, dan oleh orang-orang yang memiliki tingkat biomarker abnormal untuk kondisi penuaan dan usia. ”

Konon, Antoun mengakui bahwa jika Anda memiliki kondisi umum yang terkait dengan kelebihan berat badan dan obesitas seperti diabetes, penyakit kardiovaskular dan kanker, Anda sebaiknya tidak menggunakan PMK tanpa persetujuan dokter.

Pintu Rumah

Produk ini juga tidak boleh digunakan oleh anak-anak di bawah usia 18 tahun atau wanita hamil atau menyusui. Dan bukan untuk Anda jika Anda memiliki penyakit metabolik tertentu, gangguan hati atau ginjal yang mungkin dipengaruhi oleh kadar glukosa dan protein yang sangat rendah dari makanan, atau jika Anda memiliki alergi kacang atau kedelai. Terlebih lagi, itu “tidak boleh dikombinasikan dengan obat penurun glukosa, seperti metformin atau insulin,” menurut Antoun.

Ahli diet terdaftar Ashlea Braun dari Ohio State University Wexner Medical Center di Columbus menunjukkan bahwa para peneliti membandingkan diet meniru puasa dengan makanan biasa peserta. “Oleh karena itu, kita belum tahu bagaimana diet ini melawan pendekatan lama sudah terbukti bermanfaat, seperti Diet Mediterania atau DASH.”

“Tidak jelas apakah (PMK) memungkinkan individu untuk secara konsisten memenuhi semua persyaratan mikronutrien,” katanya kepada Reuters Health melalui email. “Ini juga tidak diketahui bagaimana jenis makanan ketat ini mempengaruhi massa otot dalam jangka panjang, dan dampak apa yang ada pada berbagai indikator kesehatan ini.”