Jakarta

Jakarta

BACA JUGA : Situs Cek Resi

Jakarta (, Pengucapan Indonesia: [djakarta]), secara resmi merupakan Ibukota Ibukota Jakarta, adalah ibu kota Indonesia yang sebelumnya adalah Batavia di Hindia Belanda dan Sunda Kelapa selama Kerajaan Sunda. Terletak di pesisir barat laut pulau Jawa yang terpadat di dunia, Jakarta adalah pusat ekonomi, budaya dan politik Indonesia, dengan populasi 10.775.310 pada tahun 2014. Wilayah metropolitan Jakarta Raya, yang dikenal sebagai Jabodetabek (nama yang dibentuk dengan menggabungkan suku kata awal di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), merupakan aglomerasi perkotaan terbesar kedua dan kawasan kota terbesar kedua di dunia setelah Tokyo, dengan populasi 30.214.303 jiwa pada sensus 2010. [10] Peluang bisnis di Jakarta, dan juga potensi untuk menawarkan standar kehidupan yang lebih tinggi, menarik para migran dari seluruh nusantara Indonesia, menjadikannya peleburan banyak komunitas dan budaya. Jakarta secara resmi merupakan provinsi dengan status wilayah modal khusus, namun biasa disebut sebagai kota. Pemprov DKI Jakarta mengelola lima kota administratif dan satu kabupaten administratif.

Didirikan pada abad keempat sebagai Sunda Kelapa, kota ini menjadi pelabuhan perdagangan penting bagi Kerajaan Sunda. Itu adalah ibukota de facto Hindia Belanda, yang dikenal sebagai Batavia pada saat itu. Kota ini saat ini menjadi pusat Sekretariat ASEAN serta lembaga keuangan penting seperti Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia, dan kantor pusat perusahaan dari banyak perusahaan Indonesia dan perusahaan multinasional. Pada tahun 2017, enam perusahaan Forbes Global 2000 memiliki kantor pusat di kota tersebut. Kota ini juga merupakan rumah bagi dua perusahaan Fortune 500 di tahun 2016.

Jakarta terdaftar sebagai Alpha Global City dalam laporan 2016 dari Globalisasi dan World Cities Research Network (GaWC). Berdasarkan pemantauan metro global oleh Institusi Brookings, pada tahun 2014, PDB Jakarta diperkirakan mencapai US $ 321,3 miliar dan pertumbuhan ekonomi berada di peringkat 34 di antara 200 kota terbesar di dunia. Jakarta tumbuh lebih cepat dari Kuala Lumpur, Beijing, dan Bangkok.

Tantangan utama bagi Jakarta antara lain adalah pertumbuhan perkotaan yang cepat yang menyebabkan overpopulasi dan kerusakan ekologis, kemacetan lalu lintas dan kemacetan, kemiskinan dan ketidaksetaraan, dan banjir. Ibu kota Indonesia, tenggelam hingga 17 cm (6,7 inci) per tahun, ditambah dengan naiknya permukaan laut, membuat kota ini rawan banjir.

BACA JUGA : situscekresi.com