Contoh Cerpen Singkat Tentang Hewan Ternak

Contoh Cerpen Singkat Tentang Hewan Ternak – Kali ini saya akan membagikan contoh cerpen singkat tentang hewan ternak. Meningkatnya konsumsi susu berdampak postif terhadap berkembangnya populasi sapi perah. Populasi sapi perah di Indonesia pada tahun 2005 tercatat sebanyak 361.351 ekor, sedangkan pada tahun 2006 sebesar 382.313 ekor atau meningkat sekitar 5,4%. Bertambahnya populasi sapi perah akan berdampak pada masalah lingkungan yaitu antara lain berupa pencemaran limbah sapi perah. Berdasarkan jenisnya ternak yang dikelompokkan menjadi ternak besar (sapi potong, sapi perah, kerbau dan kuda) pada tahun 2012 secara nasional populasi ternak besar mengalami peningkatan jumlah populasi bila dibandingkan pada tahun 2011 populasi sapi perah yaitu sebesar 0,61 juta ekor (peningkatan 2,47%) (Statistik PKH, 2013).

Contoh Cerpen Singkat Tentang Hewan Ternak

Dalam artikel ini terdapat contoh cerpen singkat yang diperankan oleh hewan hewan ternak. Rata-rata kepemilikan sapi perah di Indonesia masih berkisar antara 3 – 4 ekor per rumah tangga petani, artinya bahwa tingkat usaha ini masih termasuk dalam kategori usaha sampingan, meskipun pada kenyatannya sebagian besar peternak menjadikannya sebagai usaha pokok. Hal tersebut lebih disebabkan karena adanya keterbatasan yang dimiliki peternak, baik modal, pengetahuan, ketrampilan, lahan dan sebagainya (Sunarko dkk, 2009). Usaha peternakan sapi perah merupakan salah satu usaha di bidang pertanian yang tidak dapat diabaikan perannya dalam menopang perekonomian nasional.

Terdapat sekitar 100.000 ribu peternak sapi perah dengan tingkat pemilikan sapi perahsekitar rata-rata 2–4 ekor yang tersebar di sentra produksi tersebut di atas. Sebagian besar peternak sapi perah tersebut tergabung dalam wadah koperasi susu di mana koperasi tersebut memberi pelayanan kepada peternak dalam penyediaan sarana produksi, pemasaran, pelayanan kesehatan hewan, dan reproduksi sapi. Saat ini sebagian peternak sapi perah masih berupa peternakan skala kecil yang tergabung dalam koperasi, sehingga populasinya tidak terstruktur, dan belum menggunakan sistem budidaya yang terarah (Permentan, 2014). Inilah beberapa contoh cerpen singkat untuk anda.

Limbah peternakan terdiri atas sebagian besar sisa metabolisme ternak (seperti feses dan urin), sisa pakan dan sisa semua aktivitas lain sektor peternakan. Hampir seluruhnya berupa bahan organik baik berbentuk padat, semi padat dan cair sehingga memberikan indikasi bahwa limbah merupakan sumber daya yang sangat potensial sebagai energi dan nutrisi bagi kehidupan baik bagi mkroorganisme, hewan atau tanaman melalui interaksi yang saling berkesinambungan (Sudiarto, 2008). Demikianlah beberapa contoh cerpen singkat yang dapat saya bagikan. Dapat dikatakan bahwa peran koperasi susu sangatlah besar dan memberi kontribusi yang besar terhadap anggota (Boediyana, 2009).