Cara Alami Meningkatkan Kesuburan

Masalah kesuburan mempengaruhi hingga 15% pasangan (1).

Beruntung, ada beberapa cara alami untuk meningkatkan kesuburan Anda dan menjadi hamil lebih cepat.

Padahal, perubahan pola makan dan gaya hidup bisa membantu meningkatkan kesuburan hingga 69% (2).

Berikut 17 cara alami untuk meningkatkan kesuburan dan hamil lebih cepat.

1. Makan Makanan Yang Kaya akan Antioksidan
Antioksidan seperti folat dan seng dapat meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita (3, 4, 5, 6).

Antioksidan menonaktifkan radikal bebas di tubuh Anda, yang dapat merusak sperma dan sel telur (7).

Satu studi tentang pria dewasa muda menemukan bahwa mengkonsumsi 75 gram kenari kaya antioksidan per hari memperbaiki kualitas sperma (6).

mati pucuk

ubat tahan lama

Studi lain yang diikuti 60 pasangan yang menjalani fertilisasi in-vitro menemukan bahwa mengonsumsi suplemen antioksidan menghasilkan 23% kemungkinan pembuahan yang lebih besar (8).

Makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian dikemas penuh dengan antioksidan bermanfaat seperti vitamin C dan E, folat, beta-karoten dan lutein (9, 10).

BOTTOM LINE:
Mengambil suplemen antioksidan atau mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat meningkatkan tingkat kesuburan, terutama di kalangan pria dengan kemandulan.
2. Makanlah sarapan yang lebih besar
Makan sarapan yang substansial dapat membantu wanita dengan masalah kesuburan.

Satu studi menemukan bahwa makan sarapan yang lebih besar dapat memperbaiki efek hormonal sindrom ovarium polikistik (PCOS), penyebab utama infertilitas (11).

Untuk wanita dengan berat badan normal dengan PCOS, mengonsumsi sebagian besar kalori mereka saat sarapan mengurangi kadar insulin hingga 8% dan kadar testosteron sebesar 50%. Tingkat tinggi baik dapat berkontribusi terhadap ketidaksuburan (11).

Selain itu, wanita ini berovulasi 30% lebih banyak daripada wanita yang makan sarapan lebih kecil dan makan malam yang lebih besar, menunjukkan kesuburan membaik.

Namun, penting untuk dicatat bahwa meningkatkan ukuran sarapan Anda tanpa mengurangi ukuran makan malam Anda cenderung menyebabkan penambahan berat badan.

Image result for Ways to Boost Fertility

3. Hindari Lemak Trans
Mengonsumsi lemak sehat setiap hari penting untuk meningkatkan kesuburan.

Namun, lemak trans dikaitkan dengan peningkatan risiko infertilitas ovulasi, karena efek negatifnya pada sensitivitas insulin.

Lemak trans biasanya ditemukan pada minyak nabati terhidrogenasi dan biasanya hadir dalam beberapa margarin, makanan yang digoreng, produk olahan dan makanan panggang.

Sebuah studi observasional besar menemukan bahwa diet yang lebih tinggi pada lemak trans dan rendah lemak tak jenuh dikaitkan dengan ketidaksuburan (2).

Memilih lemak trans bukan lemak monounsaturated dapat meningkatkan risiko infertilitas ovulasi sebesar 31%. Mengkonsumsi lemak trans bukan karbohidrat dapat meningkatkan risiko ini sebesar 73% (12).